Oleh: peace19 | 22 Desember, 2007

Kriteria Kelulusan UNAS 2008

Menurut Dr. Bambang, standar nilai kelulusan untuk setiap jenjang mulai SMA, MA, SMK, SMP hingga SD semua sama, yaitu rata-rata minimal 5,25 dengan tidak ada nilai di bawah 4,25 (ini kriteria pertama). Khusus untuk siswa SMK nilai mata pelajaran kompetensi keahlian minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN SMK tersebut.
Apabila kriteria di atas tidak tercapai, maka ada kriteria kedua yang mensyaratkan : boleh terdapat nilai 4,00 hanya pada satu mata pelajaran yang di-UN-kan, dan lima mata pelajaran lainnya harus mencapai nilai sekurang-kurangnya 6,00 dan mencapai nilai rata-rata minimal 5,25.
Penambahan mata pelajaran yang diujikan pada tahun 2007/2008 ini karena selama ini BSNP mendapatkan masukan, bahwa ada ketidakseimbangan tingkat keseriusan antara mata pelajaran yang di-UN-kan dengan yang tidak di-UN-kan. Maka perlu adanya keseimbangan dengan penambahan matpel tersebut, sehingga diharapkan siswa juga menyeriusi mata pelajaran yang tadinya dipandang sebelah mata.
Apakah hal ini malah menambah beban pelajar dan membuat angka kelulusan menurun?
Jawabnya diplomatis, “Jika proses belajarnya baik dan siswa serius, maka tidak menjadi beban. Apalagi mata pelajaran tambahan ini tahun lalu diujikan juga dalam ujian sekolah. Yang menjadi beban, bila proses belajar mengajarnya tidak baik, prasarana kurang serta minat dan motivasi siswa unruk belajar kurang, meski mata pelajaran yang di-UN-kan sedikit tetap saja menjadi beban”.
Pelaksanaan UN tahun 2008 yang semula dianggarkan 500 M ternyata dipangkas oleh DPR menjadi 96 M, sehingga perlu dukungan pemerintah daerah untuk melaksanakan UN ini. Maka Pemda dituntut untuk berada di barisan depan dalam penyelenggaran UN di wilayahnya masing-masing karena sudah dimasukkan dalam pos APBD, untuk biaya pelaksanaan UN ini. Selain itu daerah juga memiliki kewenangan dalam menentukan kelulusan siswa, tidak hanya pusat. Sebab pihak terkait di daerah lebih mengetahui keadaan dan kemampuan siswa serta bahan yang harus diujikan kepada siswa tersebut. Karena Pemda juga mengeluarkan dana dalam menyelenggarakan UN 2007/2008 ini, otomatis ada keseriusan pemerintah daerah untuk mempersiapkan UN 2008 jauh lebih baik dari sebelumnya.
Pelaksanaan validasi SKL ini juga dilakukan di wilayah lain, yaitu di Padang untuk wilayah Sumatera dan salah satu daerah di Indonesia bagian timur selain di Palangka Raya untuk wilayah Kalimantan. Validasi SKL ini merupakan indikator atau ukuran materi soal yang akan digunakan dalam menyusun soal-soal UN.
Semoga ya semoga, harapan ini sesuai dengan keinginan masyarakat yang akuntabel dan transparan. Menjadi beban sudah jelas, tapi memberi beban yang berlebihan kepada generasi muda juga berbahaya Bapak-Bapak.
(Mengutip Drs.Yusman Johar, http://www.smkkartinibatam.blogspot.com)


Responses

  1. thanks ya uda bantuin q cr tugas. . .

  2. udah jatuh ketimpa tangga lagi. ya namanya juga derita

  3. Kasih soal yg asli dunk !!!!!
    Aku tunggu lho di e-mail aku

  4. please dech jangan gila donk kok berat banget sih kriteria kelulusannya.

  5. saya yakin tahun ini banyak yg tidak lulus bila standar kelulusan nya 5,25 dan 4 mata pelajaran…
    Bentar lagi Hancur Negara Indonesia bakal penuh dengan demo
    demo…

  6. Dengan Ini saya Harapkan semua siswa dan seluruh siswa dimohon untuk lebih giat belajar nya…dan keseriusannya
    jgn ngebokep terus Jayuz yee

    ^_^

  7. Thanks udah bantu nyariin kriteria kelulusan UN. semoga jaya selalu!

  8. Tinggal bagaimana cara pandangnya dalam mensikapi. Hanya saja yang paling penting tidak melenceng dari hakekat awal diselenggarakannya unas

  9. hMm……….
    ThAnKs yA,,
    q dAwH dPeT TgAsQ..,
    CuZ,, Q dPeT SmW TgAsQ Dr SnI…

  10. aduhh kalo standart kelulusan nya udah naik segitu 4 mata pelajaran didalamnya JANGAN dibawa-bawa donks… kasian yang mau ujian donks masa depan hanya ditentukan dengan nilai 4 nilai mata pelajaran…
    Apa kata dunia ?!?!?1

  11. Pusing mikirin UJIAN……….

  12. UAN………….
    SEMANGADH…kita harus percaya kalo kita semua bakalan lulus..keyz…SMANGAdHHHH>>>

  13. UAN….9 hari lagiii…
    Tuhan…tolong yaaaa….
    supaya kita lulus smw…
    amiiiin…

  14. Waduw..ujian kali ini begitu berat
    pa mgk pemerintah mo ngurangin kpadatan pduduk dgan cr ky gn,byk yg g lulus iyuz mati bunuh diri??????????????cape d…………..apa mgkn pmerintah akn memberikn kbijakan pd qt2 yg mo bertempur melawan sulitnya ujian kali ini???????????ampyun d…………..aq sbenernya pgen leat pemerintah juwga ikutn ujian dunia antar menteri2 negara laen……lulus g hayo??????????????jgn cm generasi pnerusnya aja yg dijadiin korban.yg ADIL donxxxxxxx

  15. YA ALLAH UJIAN KURANG TUJUH HARI LAGI.BERIKANLAH KAMI KEMUDAHAN DALAM MENJAWAB SOAL2 UNAS DENGAN BAEK DAN BERIKANLAH KELULUSAN KEPADA KAMI.AMIN 1000 X

  16. UNAS kurang 2 minggu.

  17. 5,25???????????
    aMPuN DJ. . . . .!!!!!!!

    tP mO gMNa Lg,,
    SiaP gaK SiaP HaRuZ SiaP….

    kLo LuLuz,,aLhaMduLiLLaH. . .=)
    kLo gaK,,Yaa SuDaHLaH. . .=(

    BeLaJaR…
    BeLaJaR…
    BeLaJaR…
    DaN BerdOa…

    JgN sMPe kRJa kRaZ KiTa sLaMa 3 TaHuN JaDi Sia2 HanYa dLM 3 HaRi SaJa. . .

    GaNbaTTe !!!!!
    CaaaaaaaYooooo !!!!!
    SeMaNgaT !!!!!

    tP kLo bLeH aQ MeMiNta,,
    pLiZzzZZz…….
    TaHuN iNi LULUS`n SeMuA aNgKaTaN TaHuN 2007-2008……

  18. jika ujian kali ini dengan nilai rata-rata tersebut saya akan melakukan yang terbaik untuk kali ini. saya mengharapkan dukungan besar dari pemerintah daerah untuk ujian kali ini dan seterusnya. terimakasih

  19. mw g mW y HrUz nEriMa!!!!!!bAnyak seh yG sEtRes cm GarA” MiKIrIn UAN.so,seHrznya nGertiin perAsaan Qta” yo g?g uSahlah pkE aTuran gNI sgAla.kapAsItas otak Orang IndonEsia tu mAng paZ2AN.DI apa2in y tetep gni.UAN aTurannya kyK dlu mlah lebeh baex,g da yg setreZ.

  20. pEmErintah g tw diri,jgn egoiz.bisanya cm nyiksa rakyat.truz pejabatnya jg bisanya KORUPSI,KORUPSI&KORUPSI!!!!!!!UAN TU gSAH DI BIKIN SULIT2!!!!!SETRES TW G!!!CBA KLO para pejabat2 yg di suruh ujian?????mangnya lulus!!!

  21. Gila ya ternyata bukan harga-harga sembako dan BBM z yg naek tp, nilai ujian nasional pun ikut-ikutan naek… he heh he he

  22. Aduh tanggal 7 juny lulus ga ya. Lulus lah harus amin doa trvs

  23. seharusnya nilai standar yang ditetapkan harus seimbang dgn kemampuan daya fikir siswa,dan kualitas belajar itu sendiri. thaks to all,,,

  24. eh knapa sih musti ada UNAS?? jgn2 Indonesia kekurangan lapangan kerja so,klulusan dpersulit ya??????

  25. gg dha yha soal bocoran unas klas 9 tahun 2009 yha…????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: