Oleh: peace19 | 22 Desember, 2007

UNAS Harus Tetap Berlangsung

Ya, sebaiknya Ujian nasional harus tetap diadakan. Memang di sana-sini terjadi kekurangan dan di samping itu banyak penyimpangan dilakukan oleh oknum-oknum yang sangat tidak amanah dan tidak bertanggung jawab.
Pertimbangan oknum-oknum tersebut seringkali juga masuk akal mengingat ujian nasional telah mematok harga mati, siwa yang tidak mencapai nilai batas kelulusan tertentu “PASTI TIDAK LULUS”. Saya yakin pertimbangannya bukan karena rasa kasihan terhadap para siswanya. Yang lebih urgen dalah pertimbangan nama baik sekolah dan masa depannya, nama baik dinas pendidikan, dan sebagainya.
Memang, hal ini sangat tidak dapat dibenarkan menurut hukum dan peraturan yang ada. Namun demikian, seringkali di lapangan hal ini menjadi dilema yang sulit pemecahannya.
Karena itulah, pemerintah (dalam hal ini Depdiknas) tidak menutup mata dan hati untuk menerima realitas penyimpangan tersebut sebagai dasar untuk merevisi sistem ujian nasional yang ada. Ujian nasional yang telah berlangsung beberapa kali ini menunjukkan hal tersebut, bahwa pemerintah selalu memperhatikan aspirasi dan revisi dari berbagai pihak. Kiranya hal tersebut juga harus tetap dilakukan untuk ujian nasional 2008 ini.
Pendapat saya, ujian nasional sudah merupakan sarana tepat bagi evaluasi akhir siswa. Penyimpangan terjadi perlu dicarikan solusi yang bijak dan ketat.
Bagaimana seandainya, soal ujian nasional dibuat sangat beragam berdasarkan jumlah siswa dalam satu kelas. (Bila dalam 1 kelas ada 20 siswa, maka soal ujian nasional ada 20 macam).
Saya yakin penyimpangan tersebut akan dapat dikurangi. Cara koreksinya? tidak masalah dan sangat mudah bila diserahkan pada komputer.


Responses

  1. info soal ujian 2008 dan predeksi

  2. trims tolong kalau sudah ada kirim ke email kami trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: